Penerimaan Peserta Didik Program PPAT Sekolah TInggi Pertanahan Nasional (STPN) 2018

Penerimaan Peserta Didik Program PPAT Sekolah TInggi Pertanahan Nasional (STPN) 2018

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) adalah salah satu Perguruan Tinggi kedinasan dibawah naungan Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional kembali membuka pendaftaran peserta didik tahun 2018 khusus ke-PPAT-an melalui Program Pendidikan Khusus Pejabat Pembuat Akta Tanah (Prodiksus PPAT) angkatan VII dengan ketentuan sebagai berikut :

A. Persyaratan
  1. Syarat umum :
  • Warga Negara Indonesia;
  • Memilih formasi/ wilayah kerja PPAT;
  • Sehat Jasmani dan Rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Rumah Sakit Umum setempat;
  • Pensiunan atau memasuki masa persiapan pensiun (MPP) Pegawai Negei Sipil (PNS), dibuktikan dengan surat keputusan pensiun atau MPP dari pejabat berwenang sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku dan saat pendaftaran berumur 50 – 60 tahun;
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) setempat;
  • Menyerahkan Daftar Riwayat Hidup;
  • Bisa mengoperasikan komputer.

     2. Syarat Khusus :
  • Pendidikan :
          - S1 Hukum dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi minimal B; atau
          - Diploma IV Pertanahan; atau
          - S1 non hukum dari Perguruan Tinggi atau Swasta yang terakreditasi minimal B, yang                           mempunyai kompetensi di bidang hukum dan pendaftaran tanah;
  • Berpengalaman dibidang pertanahan minimal 20 tahun;
  • Membuat makalah dengan topik “PERAN PEJABAT PEMUAT AKTA TANAH (PPAT) SEBAGAI PELAKSANA SEBAGIAN KEGIATAN PENDAFTARAN TANAH DI INDONESIA” minimal 15 halaman (1,5 spasi).

B. Jadual
  • Pendaftaran dilaksanakan mulai tanggal 08 Januari 2018 s.d. 08 Maret 2018
  • Pengumuman hasil seleksi direncanakan pada tanggal 13 Maret 2018 melalui website www.stpn.ac.id dan www.bpn.go.id

C. Mekanisme Pendaftaran
  • Pendaftar mengunduh formulir pendaftaran dan Daftar Riwayat Hidup di website www.stpn.ac.id
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 195.000,-. Pembayaran ditujukan kepada : BPN 030 STPN YK, Nomor Rekening : 137-00-1288045-2, Bank Mandiri KCP Godean dengan menyebutkan nama pendaftar;
  • Berkas pendaftaran paling lambat diterima Panitia tanggal 08 Maret 2018, dikirim melalui jasa pos atau jasa pengiriman lainnya kepada :
Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Calon Peserta Didik
Program Pendidikan Khusus PPAT Angkatan VII Tahun 2018
Jl. Tata Bhumi No. 5 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta,
55293
  • Berkas pendaftaran yang dikirim terdiri dari :
            - Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap;
            - Dafatar Riwayat Hidup;
            - Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai pendidikan S1 atau Porgram D IV Pertanahan yang                    dilegalisir sebanyak 1 lembar;
            - Foto copy SK pensiun atau Surat Keterangan Memasuki Masa Pensiun yang dilegalisir oleh                Pejabat Berwenang sebanyak 1 lembar;
            - Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit/ Dokter Pemerintah sebanyak 1 lembar
            - Foto copy SKCK yang dilegalisir 1 lembar
            - Foto copy KTP sebanyak 1 lembar;
            - Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, pakai PSL berdasi tanpa peci, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 lembar;
            - Makalah dengan tema “PERAN PEJABAT PEMUAT AKTA TANAH (PPAT) SEBAGAI PELAKSANA SEBAGIAN KEGIATAN PENDAFTARAN TANAH DI INDONESIA” minimal 15 halaman (1,5 spasi).

D. Pelaksanaan Pendidikan
     Pelaksanaan pendidikan direncanakan akan dimulai 19 Maret 2018

E. Biaya pendidikan
     Biaya pendidikan sebesar Rp. 8.705.000,- belum termasuk biaya ujian PPAT dan biaya akomodasi       pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dibayarkan setelah lulus seleksi penerimaan.



Keterangan lebih lengkap kunjungi website www.stpn.ac.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerimaan Peserta Didik Program PPAT Sekolah TInggi Pertanahan Nasional (STPN) 2018"